AS Akan Kerahkan Jet Tempur Tercanggih F-35A ke Jepangjet tempur F-35A (Foto: AFP)

Washington - Angkatan Udara Amerika Serikat berencana mengerahkan jet-jet tempur F-35A Lightning II ke Jepang dalam beberapa hari mendatang. Langkah ini diperkirakan akan makin memperparah ketegangan dengan Korea Utara (Korut).

Sebanyak 12 pesawat perang tersebut dijadwalkan tiba di pangkalan militer AS, Pangkalan Udara Kadena di Okinawa pada November mendatang. Demikian diumumkan Angkatan Udara Pasifik (PAF) menurut laporan Defense News ibarat dilansir media Press TV, Selasa (24/10/2017).

Lebih dari 300 personel dari Skuadron Tempur ke-34 di Pangkalan Angkatan Udara Hill di Utah, AS -- termasuk pilot, teknisi dan personel lainnya -- juga akan dikirimkan bersama F-35A tersebut. Mereka akan ditempatkan di Jepang selama enam bulan.

F-35A dianggap sebagai jet tempur paling canggih di dunia. Jet tempur tersebut mampu terbang di ketinggian 50 ribu kaki dan dengan kecepatan lebih dari 1.200 mil per jam.

Spekulasi mengenai pengerahan F-35A mulai merebak pekan lalu, dikala varian pesawat siluman F-35A dipamerkan di International Aerospace & Defense Exhibition di Seoul, Korea Selatan.

Rencana pengerahan F-35A ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Pyongyang terkait aktivitas senjata nuklir dan rudal Korut. Presiden AS Donald Trump telah mengejek pemimpin Korut, Kim Jong-Un sebagai "Manusia Roket Kecil." Dalam pidato perdananya di sidang Majelis Umum PBB bulan lalu, Trump juga mengatakan bahwa AS siap menghancurkan total Korut kalau diperlukan.

Post a Comment

 
Top