-->

Langgar Hak Cipta, Parpol Selandia Baru Diperintahkan Bayar Eminem

Langgar Hak Cipta, Parpol Selandia Baru Diperintahkan Bayar Eminem

Wellington -

Partai Nasional Selandia Baru telah diperintahkan untuk membayar penyanyi rap AS, Eminem, lebih dari $ 500.000 (atau lebih dari Rp 5 miliar), setelah pengadilan memutuskan bahwa sebuah lagu yang digunakan dalam kampanye Pemilu partai tersebut pada tahun 2014 yaitu pelanggaran hak cipta terhadap rapper AS itu.

Lagu, yang digunakan selama kampanye Pemilu Partai Nasional yang sukses di tahun 2014 dan berjudul 'Eminem Esque', itu ternyata telah "menyalin lagu Eminem, Lose Yourself, secara substansial".

Partai Nasional menggunakan lagu tersebut sebanyak 186 kali selama kampanye sebelum menarik iklan mereka dari peredaran.

Penerbit Eight Mile Style menggugat, dengan mengatakan bahwa lagu tersebut merusak hit internasional milik penyanyi rap yang terkenal itu.

Kasus ini diajukan pada tahun 2014, dan pengadilan gres memutar lagu dan memberi kesempatan semua argumen pada bulan Mei.

"Persamaan yang bersahabat dan perbedaan yang tak terbantahkan dalam ketukan drum, 'garis melodi' dan dentingan piano, membuat lagu Eminem Esque sangat seolah-olah dengan Lose Yourself," tulis HakimHelenCull dalam keputusan terakhirnya.

Pengadilan memutuskan, Eight Mile Style berhak atas kerugian sebesar NZ$ 600.000 (atau setara Rp 5,35 miliar), dengan bunga yang dihitung mulai 28 Juni 2014.

Pengadilan mengatakan, penerbit itu memiliki kontrol langsung atas lagu tersebut, dan jarang memperlihatkan izin semoga lagu tersebut mampu digunakan dalam iklan.

Meski demikian, partai tersebut tidak diperintahkan untuk membayar ganti rugi lebih lanjut alasannya pengadilan merasa partai itu tidak ceroboh mengingat mereka telah mencari saran profesional, komersil dan media.

Kekalahan Partai Nasional Selandia Baru di pengadilan hanya terjadi beberapa hari setelah sebuah kekalahan Pemilu, alasannya Perdana Menteri Bill English gagal membentuk koalisi dengan politisi Winston Peters.

Partai First Selandia Baru yang dipimpin Peters, yang memiliki kekuasaan seimbang setelah Pemilu bulan September lalu, memilih Jacinda Ardern dari Partai Buruh untuk memimpin negara tersebut.

Simak gosip ini dalam bahasa Inggris di sini.




0 Response to "Langgar Hak Cipta, Parpol Selandia Baru Diperintahkan Bayar Eminem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel