-->

Menteri Tenaga Kerja Australia Diminta Mundur

Menteri Tenaga Kerja Australia Diminta Mundur

Jakarta -

Partai Buruh (ALP) yang beroposisi menuntut Menteri Tenaga Kerja Australia Michaelia Cash mengundurkan diri setelah beliau mengakui salah seorang stafnya membocorkan ke media wacana penggrebekan polisi di kantor Serikat Buruh Australian Workers' Union (AWU).

Senator Cash kemarin berulang-ulang mengatakan kepada Komite Senat bahwa beliau dan kantornya tidak memiliki andil dalam memberitahu media mengenai penggrebekan tersebut.

Namun beliau kembali dalam rapat komite pada malam harinya dan menarik kembali pernyataannya itu setelah ramai diberitakan bahwa kantornya telah memberitahu wartawan mengenai penggrebekan itu beberapa jam sebelum kejadian.

Senator Cash mengatakan kepada komite bahwa penasihat urusan medianya mengakui telah memberitahu wartawan.

Partai Buruh menuduh Menteri Cash telah menyesatkan Parlemen dan menyatakan beliau tidak punya pilihan selain mengundurkan diri.

Tapi Senator Cash mengatakan bahwa penasihat medianya itu bertindak tanpa sepengetahuan atau otorisasinya, dan sekarang staf tersebut telah mengundurkan diri.

"Saya tidak menyadarinya pada ketika itu dan tidak menyadarinya sebelumnya ketika rapat (Senat)," katanya.

"Hal ini terjadi tanpa sepengetahuan saya dan tidak saya otorisasi. Saya tidak diberitahu wacana penggerebekan tersebut hingga saya melihatnya ditayangkan di televisi," katanya.

"Staf saya sekarang telah mengundurkan diri," tambah Menteri Cash.

Video Player failed to load. Cash did nothing wrong says PyneCashdidnothingwrongsaysPynePlay

Press play then disable your screen reader. Use space kafe to pause or play, and up and down arrows to control volume. Use left arrow to rewind and right arrow to fast forward.

WCMS.pluginCache.add('#video-player2', 'videoplayer' , { "duration": "8m 21s", "videos": [ { "title": "CashdidnothingwrongsaysPyne", "url": "https://www.abc.net.au/news/2017-10-26/cash-did-nothing-wrong-says-pyne/9087162", "thumbnail": "https://akcdn.detik.net.id/abc/www.abc.net.au/cm/rimage/9087164-16x9-large.jpg?v=2", "sources": [ { "url": "https://mpegmedia.abc.net.au/news/video/201710/NOLb_PyneDoorstop_2610_1000k.mp4", "contentType": "video/mp4", "label": 928 }, { "url": "https://mpegmedia.abc.net.au/news/video/201710/NOLb_PyneDoorstop_2610_512k.mp4", "contentType": "video/mp4", "label": 400 }, { "url": "https://mpegmedia.abc.net.au/news/video/201710/NOLb_PyneDoorstop_2610_256k.mp4", "contentType": "video/mp4", "label": 170 } ], "addDownload":true } ] });

Dia mengatakan bahwa penasihat medianya itu tahu wacana penggerebekan tersebut dari "sumber media" - namun mengatakan bahwa beliau tidak tahu apakah beliau merujuk pada jurnalis, atau kepada penasihat media lain yang bekerja di lembaga lain.

Polisi menggrebek kantor serikat buruh AWU sebagai bab dari investigasi atas perlindungan kepada kelompok lobi GetUp lebih 10 tahun lalu dan kepada caleg Partai Buruh.

Pemimpin Oposisi Bill Shorten ketika itu menjadi ketua AWU. ALP kini menuduh Pemerintah mendalangi penggrebekan tersebut untuk menjatuhkan reputasi Pemimpin Oposisi.

Para senator dari ALP terus menekan Senator Cash selama rapat komite Senat, menunjuk bahwa sang senator berulang-ulang meyakinkan rapat bahwa kantornya gres mengetahui penggrebekan sesaat sebelum terjadi.

'Yang mengundurkan diri, orang yang tak tepat' Video Player failed to load. Burke says Cash's denial 'defies credibility'BurkesaysCash'sdenial 'defiescredibility'Play

Press play then disable your screen reader. Use space kafe to pause or play, and up and down arrows to control volume. Use left arrow to rewind and right arrow to fast forward.

WCMS.pluginCache.add('#video-player3', 'videoplayer' , { "duration": "8m 21s", "videos": [ { "title": "BurkesaysCash'sdenial 'defiescredibility'", "url": "https://www.abc.net.au/news/2017-10-26/burke-says-cashs-denial-defies-credibility/9087216", "thumbnail": "https://akcdn.detik.net.id/abc/www.abc.net.au/cm/rimage/9087218-16x9-large.jpg?v=2", "sources": [ { "url": "https://mpegmedia.abc.net.au/news/video/201710/NOLb_BurkeBreakfast_2610_1000k.mp4", "contentType": "video/mp4", "label": 928 }, { "url": "https://mpegmedia.abc.net.au/news/video/201710/NOLb_BurkeBreakfast_2610_512k.mp4", "contentType": "video/mp4", "label": 400 }, { "url": "https://mpegmedia.abc.net.au/news/video/201710/NOLb_BurkeBreakfast_2610_256k.mp4", "contentType": "video/mp4", "label": 170 } ], "addDownload":true } ] });

Senator Cash mengatakan bahwa beliau tidak dengan sengaja menyesatkan Parlemen.

"Saya tidak mengetahui langkah-langkah yang diambil oleh staf saya, itu jadi bukti saya," kata Senator Cash.

"Segala hal yang saya sampaikan didasarkan pada pengetahuan yang saya miliki pada ketika itu," tambahnya.

"Apakah Anda mengatakan bahwa Anda tidak bertanggung jawab, apakah itu yang Anda katakan?" kejar Senator Partai Buruh Doug Cameron dalam rapat Senat.

"Saya hanya mampu menunjukkan tanggapan berdasarkan pengetahuan saya pada ketika itu. Pada kesempatan pertama saya mampu menjawabnya, saya pribadi sampaikan," jawab Senator Cash.

Namun Oposisi mencemooh penjelasannya itu dan tetap menuntut pengunduran dirinya.

Manajer Oposisi di Majelis Rendah Tony Burke mengatakan "sulit dipercaya" jikalau staf Senator Cash tidak mengatakan apa-apa sementara beliau berulang-ulang menunjukkan bukti yang menyesatkan.

"Ketika Partai Buruh pertama kali menanyakan kepada Senator Cash apakah stafnya, kantornya, terlibat memastikan bahwa media hadir ketika penggrebekan tersebut sebelum polisi datang, beliau mengatakan tersinggung dengan pernyataan demikian. Dia menertawakan Partai Buruh alasannya yaitu sudah menanyakan hal ini," kata Burke.

"Mungkin ada staf Senator Cash yang gres saja mengundurkan diri. Tapi yang mengundurkan diri itu orang yang tidak tepat," katanya.

Simak beritanya dalam Bahasa Inggris di sini.




0 Response to "Menteri Tenaga Kerja Australia Diminta Mundur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel