-->

Dulu Ikut Alumni 212 Penjarakan Ahok, Sekarang Ustaz Evie Effendie Hina Nabi Muhammad Sesat, Fpi Diam. Ini Jejak Digitalnya!


Sumber Informasi Terpercaya - Ceramah Ustaz Evie Effendie menuai reaksi dan polemik dari aneka macam kalangan tokoh agama. Dalam salah satu isi ceramahnya, Evie menyebut Nabi Muhammad pada awalnya ialah sesat. 


Evie mengutip ayat 7 pada Surat Ad-Dhuha. Dia menyampaikan Muhammad sebelum menjadi nabi ialah sesat. Dia juga mempertanyakan tradisi Muludan atau Maulid Nabi yang dilakukan kebanyakan masyarakat di Indonesia.

"Setiap kita bodoh, ada di Quran Surat Ad-Dhuha, 'wa wajadakan dhooollan fa hada'. Setiap orang itu sesat awalnya, Muhammad termasuk. Maka jikalau ada yang Muludan ini memperingati apa ini, memperingati kesesatan Muhammad," kata Evie dalam cuplikan ceramahnya, menyerupai dilihat detikcom pada Kamis (9/8/2018).

Isi ceramah Evie dikomentari salah satunya oleh tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Nadirsyah Hosen. Dia bahkan menulis sebuah artikel sebagai respons terhadap ceramah Evie. Tulisan itu berjudul 'Benarkah Nabi Muhammad Sesat Sebelum Menjadi Nabi?'.

"Ada Ustaz yg kini jadi idola anak muda menyampaikan Muhammad sebelum jadi Nabi itu sesat. Ini alasannya ialah dia hanya menerjemahkan ayat secara harfiah tanpa membuka kitab tafsir. Kita simak yuk bagaimana pembahasan para ulama soal ini. Shallu 'alan Nabi," cuit Nadirsyah di akun Twitter-nya.

Karena banyaknya reaksi yang muncul, Evie kesannya buka bunyi dan meminta maaf. Permintaan maaf itu diunggahnya dalam video di Instagram. Berikut ini pernyataannya.


Dengan menyebut nama-Mu Ya Allah kami bertawakal, berikhtiar dengan pernyataan ini. Saya bersaksi tiada Illah kecuali Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad ialah mutlak pilihan Allah dan utusan Allah sebagai Rahmatan lil Alamin untuk kami para umatnya. Saya Evie Effendie insan biasa yang saya nyatakan saya bersalah alasannya ialah di satu ceramah saya, saya menyatakan Muhammad sebelum diangkat nabi tersesat tapi maksudnya bukan itu.

Kalaupun itu sudah dianggap sebagai pernyataan dan sudah publish, mohon maaf atas kesalahan saya dengan pernyataan itu. Kepada ormas Islam. Muhammadiyah, Persis, NU atau apapun ormas Islam, atas nama pribad saya memohon maaf semoga ini menjadi pesan yang tersirat dan pelajaran bagi siapapun biar berhati melisankan suatu terlebih agama. Dengan insiden ini saya mencar ilmu banyak bahwa saya dhoif akan ilmu agama maka tolong bimbing saya, tuntun saya lebih bijak lebih bakir memberikan pesan-pesan agama yang jadi tanggung jawab kita semua.

Apakah memaafkan saya? Apakah jemaah di sini memaafkan saya? Terima kasih semoga ungkapan amalnya menjadi amal saleh. Semoga Allah mengampuni seluruh kesalahan dosa apapun itu bentuknya sengaja tidak sengaja, kecil besar, sadar tidak sadar. Semoga Allah mengampuni"

Dan ternyata Ustaz Evie Effendie ialah alumni 212. Netizen pun ramai mengomentari.
. .
. .
. .

Ustaz Evie Effendi Dipanggil MUI Jabar, Surat Panggilan Sudah Dikirimkan


Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat sudah mengirimkan surat kepada Ustaz Evie Effendi biar tiba ke kantor MUI Jabar pada Senin (13/8/2018) nanti.

Selain meminta klarifikasi, dikatakan Sekretaris Umum MUI Jawa Barat, KH Rafani Achyar, pihaknya akan tabayun atau meminta penjelasan terkait ceramah ustaz nyentrik itu beberapa waktu kemudian yang diduga sanggup menciptakan umat bingung.

"Bahwa kami tadi pagi sudah mengirimkan surat ke alamat beliau. Kami akan lakukan tabayun. MUI tidak akan eksklusif memvonis begitu saja. Kami akan klarifikasi," ungkapnya ketika ditemui di kantornya, Jalan L.L.RE. Martadinata 105, Cihapit, Kota Bandung, Jumat (10/8/2018).


Dia pun mengatakan, beberapa hari terakhir, banyak umat yang mengadu ke kantor MUI Jabar terkait ceramah Ustaz Evie.

Terkait hal itu, Rafani mengimbau biar umat Muslim tenang.

"Saya sendiri belum melihat (videonya) awalnya. Tahu-tahu ramai saja. Akhirnya saya lihat. Kemarin juga sudah banyak orang kumpul, ya namanya orang banyak, ada juga yang bilang, "Pak Kiai sudah ini laporkan saja,". Saya bilang damai dulu","katanya.


detik.com/Tribunnews.com

0 Response to "Dulu Ikut Alumni 212 Penjarakan Ahok, Sekarang Ustaz Evie Effendie Hina Nabi Muhammad Sesat, Fpi Diam. Ini Jejak Digitalnya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel