-->

Bikin Haru! Begini Pengukuhan Joni Gala, Bocah Pemanjat Tiang Bendera Demi Merah Putih Berkibar


Sumber Informasi Terpercaya - Aksi heroik Yohanes Andi Gala pelajar kelas 7 SMPN Silawan ketika upacara peringatan HUT ke-73 RI di pantai Mota’ain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto, Kabupaten Belu, NTT, Jumat (17/8/2018) seakan menggugat nurani seluruh anak bangsa.

Anak sekecil itu nekad memanjat tiang listrik yang tingginya diperkirakan 20 meter. Yohanes Andi Gala melaksanakan hal itu demi mengibarkan bendera merah putih ketika upacara HUT RI.

Dari agresi heroiknya demi NKRI, ternyata orang renta Joni Gala (sebelumnya disebutkan Joni Kala) merupakan warga eks Timor-Timur. Mereka menentukan NKRI alasannya yakni cintanya akan tanah air Indonesia.

Aksi nekad Joni itu tanpa disuruh. Semuanya merupakan inisiatifnya sendiri. Bermodal keberanian, bocah ini nekat memanjat tiang bendera ketika upacara khidmat itu nyaris gagal.

"Saya sendiri berlari ke depan dan pribadi panjat tiang," ujar Joni Gala kepada Liputan6.com, Jumat (17/8/2018).

Dia menuturkan, ketika upacara pengibaran bendera sedang berjalan, tiba-tiba ia merasa perutnya mules. Joni pun bergegas mencari obat di posko P3K di area upacara. Saat itulah, ia mendengar dongeng petugas kesehatan soal bencana putusnya tali bendera.

Tanpa berpikir panjang, Joni berlari ke depan menuju tiang bendera dan pribadi beraksi. Tak butuh waktu lama, Joni sudah berada di puncak tiang bendera yang diperkirakan 20 meter itu. Aksi evakuasi Joni itu pribadi menerima tepuk tangan dari seluruh penerima upacara.

"Saya tidak rasa takut, yang di otak saya bagaimana merah putih bisa berkibar," kata Joni Gala.

Ingin Makara Tentara

Di dalam lobi utama Kementerian Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi memperlihatkan kepada Joni untuk jadi atlet panjat tebing. “Sekarang Joni bisa jadi atlet ya, bisa jadi atlet panjat tebing, kita lihat dari kemampuan Joni,” ujarnya.


Tapi sepertinya, Joni enggan menjadi atlet. Joni menjawab bila dirinya ingin menjadi tentara saja. “Hehe..mau jadi tentara saja,” kata Joni seraya tertawa.

“Panjat tebing kita juga juara dunia, loh!" menteri Iman merayu.(Liputan6.com)

0 Response to "Bikin Haru! Begini Pengukuhan Joni Gala, Bocah Pemanjat Tiang Bendera Demi Merah Putih Berkibar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel