-->

Banyak Pembangunan Tapi Jumlah Orang Miskin di RI Masih Banyak

Banyak Pembangunan Tapi Jumlah Orang Miskin di RI Masih BanyakFoto: Dikhy Sasra

Jakarta - Institute for Development of Economic and Finance (INDEF) menilai tingkat kemiskinan di Indonesia masih cukup tinggi. Tingkat kemiskinan berada di sekitar level 11% dari total penduduk RI.

"Angka kemiskinan masih stagnan di level 11% dari total penduduk atau sekitar 27,8 juta," ungkap Direktur INDEF, Enny Sri Hartati, di Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Menurut Enny, ketika ini pemerintah lebih fokus dalam membangun infrastruktur yang lebih banyak terasa dampaknya bagi kalangan menengah ke atas dibanding melaksanakan pengentasan kemiskinan.

Dirinya menilai, pemerintah belum dapat mengoptimalkan jumlah anggaran yang dialokasikan untuk aktivitas pengentasan kemiskinan. Padahal, tingkat kemiskinan yang rendah menjadi faktor penting untuk mampu membuktikan kondisi perekonomian yang baik.

"Mengenai aktivitas pengentasan kemiskinan yang masih saja tidak berubah secara signifikan. Padahal anggaran yang digelontorkan melalui APBN lebih dari Rp 100 triliun," jelasnya

Lebih lanjut Enny mengungkapkan, pihaknya telah merangkum tingkat kepuasan masyarakat terhadap masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) di sektor ekonomi. Dari rangkuman itu, didapat hasil tingkat kepuasan masyarakat masih rendah ialah di bawah 50%

"Ada beberapa catatan yang memang masyarakat kurang puas, terutama dalam bidang ekonomi angkanya 40%-an," kata Enny.

Sementara berdasarkan laporan 3 tahun Jokowi-JK yang dikutip detikFinance, tingkat kemiskinan sampai Maret 2017 terdapat penurunan sebesar 0,22% menjadi 10,64% dari September 2016 yang sebesar 10,7%.

Jumlah penduduk miskin di Indonesia per Maret 2017 sebanyak 27,77 juta orang atau 10,64% dari seluruh penduduk. Diperlukan aktivitas yang sempurna sasaran dan sempurna untuk terus menurunkan jumlah penduduk miskin.

Jika dilihat, semenjak September 2014 tingkat kemiskinan sebesar 10,96%, lalu meningkat menjadi 11,22% pada Maret 2015, lalu kembali turun menjadi 11,13% di September 2015, lalu turun ke level 10,86% di Maret 2016, dan September 2016 turun menjadi 10,7%.

0 Response to "Banyak Pembangunan Tapi Jumlah Orang Miskin di RI Masih Banyak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel