-->

Dinas Resmi Yang Baik Dan Benar

Dinas Resmi yang Baik dan Benar - Pada kesempatan yang telah lalu, saya telah membahas perihal Pribadi. Dalam postingan tersebut telah disinggung bahwa surat terbagi menjadi dua menurut pembuatannya, yaitu Surat Pribadi dan Surat Setengah Resmi. Namun kali ini saya tidak lagi membahas perihal Surat Pribadi, melainkan mengenai Dinas Resmi yang Baik dan Benar.

 Dinas Resmi yang Baik dan Benar  Dinas Resmi yang Baik dan Benar

Apa itu Surat Dinas?

Surat Dinas yakni surat yang isinya berkenaan dengan kedinasan atau aktivitas dinas. Surat dinas tergolong kedalam surat resmi, sehingga bahasa yang dipakai haruslah bahasa yang formal. Selain daripada itu, tata bahsa juga tidak dibenarkan terbelit-belit, namun harus seefektif mungkin.

Bagaimana Ciri-Ciri Surat Dinas?

Surat dinas mempunyai ciri-ciri ibarat yang terdapat di bawah ini:
-Isinya yang singkat, padat dan jelas
-Format Resmi (tidak bebas)
-Menggunakan bahasa baku (sesuai EYD)

Apa Fungsi dari Surat Dinas?

Surat Dinas mempunyai fungsi sebagai berikut:
-Sebagai arsip
-Sebagai panduan kerja dalam menciptakan keputusan selanjutnya
-Sebagai dokumen tertulis
-Sebagai bukti historis citra instansi atau perusahaan

Adapun bagian-bagian dari Surat Dinas yakni sebagai berikut:

1. Kop Surat
2. Tanggal Surat
3. Nomor Surat
4. Lampiran
5. Alamat yang dituju
6. Salam Pembuka
7. Isi
8. Penutup
9. Tanda tangan Pembuat Surat
10.Nama Jelas
11. Nip
12. Tembusan
13. Jabatan

Untuk menghasilkan sebuah surat yang baik dan benar ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda menciptakan Surat tersebut, yaitu:

1. Susunlah surat sesuai dengan teknis penyusunan surat dinas, ibarat menyusun tata letak bagian-bagian surat, yang dimulai dari kepala surat, tanggal surat, nomor surat dan seterusnya hingga jabatan.
2. Pergunakan bahasa yang baik dan benar, baku dan sesuai dengan kaidah bahasa indonesia.
3. Isi surat harus pada, terang dan eksplisit supaya gampang dipahami oleh peserta surat.
4. Penulis surat haruslah memahami posisi dan bidang tugasnya.
5. Mengetahui aturan-aturan yang berafiliasi dengan masalah.
6. Berhubungan dengan ketatausahaan.
7. Memahami kasus yang menjadi persoalan.

Dari klarifikasi di atas, Anda sudah cukup paham bagaimana menyusun sebuah surat dinas yang baik dan benar. Namun untuk lebih jelasnya, saya akan bagikan satu Dinas kepada Anda, berikut contohnya.

Dinas Sekolah

(--nama sekolah--)
(--alamat--)
(--no telp--)
======================================================================
                                                                                                Banda Aceh, 12 januari 2015

No            :___/____/___/_______
Lampiran   : _________
Perihal      : _________

Yth. Orang Tua/Wali Murid Kelas ____
SMA Negeri 3 Banda Aceh

Dengan Hormat,
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa siswi (--nama sekolah--) khususnya untuk kelas ___. Maka dengan surat ini kami selaku Badan Pendidikan Sekolah, bermaksud mengadakan studi lapangan bagi siswa siswi baik IPA maupun IPS di luar sekolah. Adapun program tersebut akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : ________________
Pukul              : ________________
Tempat          : ________________
Acara             : _______________

Demikian surat pemberitahuan ini kami sampaikan, atas segala perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah
(--nama sekolah--)
ttd,

(--nama kepala sekolah--)
(--nip.--)

Demikian Dinas yang Baik dan Benar yang sanggup kami bagikan pada kesempatan ini. saya rasa Anda sudah sangat paham kini dalam menyusun sebuah surat dinas yang baik dan benar. Akhir kata supaya goresan pena ini sanggup menawarkan manfaat tersendiri bagi Anda para pembaca. Terima kasih atas kunjungnya.

0 Response to "Dinas Resmi Yang Baik Dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel