-->

Contoh Memo Resmi Terbaru Dan Lengkap

Contoh Memo Resmi terbaru dan lengkap ialah judul potingan aku hari ini yang akan aku bagikan untuk anda para pengunjung contohsurat123.com semua. Postingan aku wacana teladan surat memo gres kali ini aku tulis, alasannya ialah mengingat ternyata tidak sedikit juga orang yang mencari teladan memo resmi ataupun memo tidak resmi di internet. Maka dari itu, di kesempatan ini aku akan membagikan teladan memo resmi sekolah, teladan memo resmi perusahaan, baik dalam bahasa Indonesia ataupun dalam bahasa Inggris kepada anda yang memang sedang membutuhkan rujukan untuk menciptakan surat memo resmi tersebut. 

Pengertian Memo (memorandum) ialah sebuah goresan pena ringkas yang isinya singkat, padat dan terang yang ditujukan kepada orang lain, baik bersifat resmi atau tidak resmi. Pada umumnya isi dari memo itu sendiri pribadi menyatakan maksud dari si pengirim memo tersebut tanpa adanya bagian-bagian surat lainnya ibarat salam pembuka, salam epilog dan lain sebagainya.

Fungsi Memo

Sebelum aku membagikan teladan memo kepada anda semua, terlebih dahulu kita ketahui terlebih dahulu apa fungsi dari memo itu sendiri. Memo biasanya dipergunakan sebagai bentuk komunikasi yang berisi permintaan, isyarat ataupun keterangan suatu hal tertentu yang harus segera dilakkukan atau diselesaikan.

Jenis-Jenis Memo

Memo dilihat dari penggunaannya dibagi menjadi dua jenis, yaitu Memo resmi dan Memo tidak resmi.

Memo Resmi

Memo Resmi ialah Memo yang dikeluarkan/dibuat oleh sebuah organisasi, forum atau instansi. Kaprikornus Memo jenis ini ditujukan untuk orang-orang yang ada atau terlibat di dalam suatu organisasi, forum atau instansi tersebut. Jadi, Memo tidak sanggup dipergunakan untuk keperluan surat menyurat antar organisasi, instansi ataupun lembaga, namun hanya untuk orang yang ada di dalam suatu organisasi, forum ataupun instansi tertentu.

Memo resmi umumnya dipergunakan oleh pihak yang memiliki pangkast/kedudukan yang lebih tinggi dalam suatu organisasi, forum ataupun instansi yang ditujukan kepada orang yang pangkat/kedudukan di bawahnya. Bisa juga ditujukan kepada orang-orang yang memiliki pangkat/kedudukan yang setara di dalam suatu organisasi, forum ataupun instansi. Adapun misalnya ialah ibarat teladan memo resmi sekolah, teladan memo resmi perusahaan dan lain-lain sebagainya yang bersifat formal atau resmi.

Memo Tidak Resmi

Memo tidak resmi (Pribadi) ialah memo yang dipergunakan antar teman, sahabat, saudara orang bau tanah ataupun perorangan yang bersifat informal. Contohnya ibarat teladan memo untuk Ibu, teladan memo untuk sobat dan lain sebagainya yang bersifat pribadi.

Struktur/Bagian Memo

Adapun struktur atau bagian-bagian dari memo ialah sebagai berikut :

1. Kepala Memo.

Kepala memo terdiri dari Kop Memo (untuk Jenis Memo Resmi), nama pengirim memo, dan nama akseptor memo.

2. Badan Memo.

Badan memo merupakan isi memo itu sendiri yang disampaikan secara singkat dan jelas. Penulis memo pribadi memberikan perintah atau pesan dalam kalimat yang pendek serta lugas (dapat dipahami).

3. Kaki Memo.

Kaki memo terdiri dari tanda tangan serta nama terang pembuat memo.

 terbaru dan lengkap ialah judul potingan aku hari ini yang akan aku bagikan untuk anda Contoh Memo Resmi Terbaru dan Lengkap


Dari klarifikasi di atas, aku yakin anda para pembaca semua sedikitnya sudah tahu bagaimana format memo resmi yang baik dan benar. Tetapi biar lebih jelasnya, berikut ini telah aku siapkan beberapa teladan memo resmi terbaru dan lengkap yang mudah-mudahan akan bermanfaat untuk anda semua. Contoh memo di bawah ini merupakan jenis memo resmi, sedangkan untuk teladan memo tidak resmi akan aku bagikan pada kesempatan yang lain.

Contoh Memo Resmi dari Kepala Sekolah

SMA Negeri 5 Banda Aceh
Jl. Hamzah Fansuri, Kopelma Darussalam, Banda Aceh
Telepon (0651) 75520xx
======================================================================

Dari    : Kepala Sekolah
Untuk : Wali Kelas

Segera merekap absensi siswa-siswi paling lambat ahad ini dikumpulkan melalui Staf kesiswaan. Terima kasih.

Banda Aceh, 21 Oktober 2016

Kepala Sekolah


(Drs. Sanusi, S.Pd)

Contoh Memo Resmi Perusahaan

PT. JAYA ELEKTRONIK
Jl. Sudarsono No. 45 Banda Aceh
======================================================================

Dari       : Direktur
Kepada : Supervisor Marketing

SURAT MEMO

Mohon dikumpulkan rekapan pencapaian sasaran ahad kedua bulan Oktober untuk rapat bersama tanggal 24 Oktober 2016 nanti.

Banda Aceh, 21 Oktober 2016


Ali Saifuddin

Contoh Memo Resmi dalam Bahasa Inggris

Department of Education and Culture Banda Aceh
SMAN 1 Banda Aceh
Jalan Prof. A. Majid Ibrahim I No. 07 Banda Aceh
======================================================================

MEMO

To        : Mr Andi (Head Of English Teacher)
From    : Mrs. Suriani (Headmaster)
Subject : English Debate Competition

Mr. Andi please help training student who participate on the National High School English Debate Competition 2016. Meet me on meeting next Monday.

October 21th, 2016

Mrs. Suriani

Terjemahan

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh
SMAN 1 Banda Aceh
Jalan Prof. A. Majid Ibrahim I No. 07 Banda Aceh
======================================================================

MEMO

Untuk   : Mr Andi (Kepala Of English Teacher)
Dari     : Ibu Suriani (Kepala Sekolah)
Subjek : Kompetisi Debat Bahasa Inggris

Pak Andi tolong bantu siswa pembinaan yang berpartisipasi di National High School English Debate Competition 2016. Bertemu aku di pertemuan Senin depan.

21 Oktober 2016


Ibu Suriani

Demikianlah 3 contoh memo resmi terbaru dan lengkap yang sanggup aku bagikan kepada anda pada kesempatan yang berbahagia ini. Semoga sanggup membantu anda dalam menciptakan memo resmi untuk keperluan organisasi, forum atau instansi anda. Contoh memo resmi diatas hanyalah sebagai contoh, nama atau daerah yang tertera di dalam memo hanyalah karangan semata. Kaprikornus silahkan diubah kembali sesuai dengan keadaan yang bekerjsama dan sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan lupa like dan share teladan memo di atas kepada teman-teman yang lain melalui tombol di bawah ini. Terima kasih sudah berkunjung dan salam sukses dari www.contohsurat123.com.

0 Response to "Contoh Memo Resmi Terbaru Dan Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel