-->

Miliki Bentuk Unik, Awan Berbentuk Tangga ke Surga Buat Terkesima

Mungkin setelah lihat awan ini kau bakal nyanyi, there's a lady who's sure all that glitters is gold and she's buying a stairway to heaven.

Kapanlagi.com - Alam memang selalu memiliki fenomena yang menarik untuk disimak. Salah satu fenomena alam yang dapat dengan mudah dan sering diamati ialah awan. Dalam beberapa kesempatan, awan memiliki bentuk yang cukup unik.

Beberapa waktu lalu, netizen dihebohkan dengan awan berbentuk tangan. Ada pula awan yang berbentuk menyerupai sosok Yesus yang beberapa tahun lalu menjadi viral. Well, bentuk awan memang dapat dengan mudah diubahsuaikan dengan imajinasi seseorang yang melihatnya. Seperti awan satu ini.

Seorang pria di Inggris berhasil mengabadikan foto awan yang berbentuk sedikit filosofis, menyerupai dengan Stairway to Heaven atau tangga ke surga. Pecinta musik rock tahun 1980-an pasti kenal betul dengan istilah Stairway to Heaven. Istilah ini merujuk pada lagu hits band rock ternama kala itu, Led Zeppelin.

Awan yang berbentuk menyerupai tangga ini membuat sang fotografer takjub dan mengingatkan pada salah satu hits Led Zeppelin © metro.co.uk

Awan yang diabadikan oleh fotografer Andrew Milton ini merupakan salah satu bentuk awan Altostratus undulatus. Biasanya awan ini terbentuk karena proses awal penyeimbangan arus udara yang mengelilingi awan tersebut, awan menyerupai ini dengan cepat terpisah karena arah angin. Biasanya awan semacam ini muncul secara paralel dan awan semacam ini tak menyebabkan badai.

Oleh alasannya ialah itu sang fotografer merasa bahagia ketika bisa merekam bentuk awan yang menyerupai dengan tangga ini sebelum awan tersebut terurai kembali. 

"Aku hampir tidak memotret awan ini karena begitu terkesima. Seolah saya tersihir dikala melihatnya. Awan ini benar-benar berbentuk menyerupai tangga dan hanya bertahan beberapa menit sebelum terurai." terperinci Andrew Milton dikutip dari metro.co.uk.

Awan ini merupakan salah satu bentuk altostratus undulatus yang cepat menghilang © metro.co.uk

Berbeda dengan awan cumolonimbus yang seringkali dijadikan menandakan badai. Sebab dalam awan cumolonimbus terdapat kandungan arus udara yang besar lengan berkuasa dan memiliki kemampuan untuk menyebabkan kilat. Awan cumolonimbus awalnya merupakan bentukan dari awan cumulus congestus yang berkembang berlebihan. **(met/agt)

0 Response to "Miliki Bentuk Unik, Awan Berbentuk Tangga ke Surga Buat Terkesima"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel