-->

Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Sopan

Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan Selamat pagi Sahabat setia Contohsurat123.com. Bagaimana kabar Sahabat semua? semoga dalam keadaan terbaik dan tidak kekurangan suatu apapun. Baik, sebelum saya bagikan pola surat terbaru, saya ingatkan kembali apa yang sudah saya bagikan sebelumnya. Beberapa waktu yang telah lalu, saya sudah memperlihatkan sebuah informasi mengenai pola surat lamaran kerja pabrik. Sedangkan pada kesempatan ini, saya akan memperlihatkan beberapa pola surat pengunduran diri kerja atau pola surat resign.

Setiap karyawan yang bekerja pada sebuah perusahaan tertentu dalam jangka waktu yang cukup usang terkadang mengalami apa yang namanya bosan. Sehingga menentukan untuk mengundurkan diri dari perusahaan kawasan ia bekerja. Selain itu, ada banyak alasan lain yang menciptakan seorang karyawan/pekerja menentukan resign dari pekerjaannya, di antara lain ialah gaji/upah yang tidak sesuai, tertekan atau ingin membuka usaha.

Setiap insan niscaya pernah mengalami saat-saat menjenuhkan dalam hidup. Begitu pun dalam dunia kerja. Contoh surat pengunduran diri yang banyak terdapat pada buku-buku panduan penulisan ataupun internet sanggup anda jadikan rujukan untuk surat pengunduran diri anda pada perusahaan anda bekerja. Jika anda merasa sudah bekerja dengan maksimal namun hasil yang anda sanggup kurang memuaskan (gaji atau kesejahteraan), dan pada ketika yang sama ada perusahaan atau kawasan kerja lain yang lebih menjanjikan, anda sanggup menciptakan pola surat pengunduran diri dan mengajukan surat lamaran kerja di kawasan yang baru.

Mengapa anda harus menciptakan surat pengunduran diri ketika ingin berhenti bekerja? Jawabannya alasannya hal tersebut merupakan salah satu etika. Surat pengunduran diri ialah jenis surat resmi yang isinya memberikan impian pembuat surat atau pemohon kepada atasan untuk berhenti dari suatu pekerjaan. Sebagaimana awal ketika anda ingin mendaftar di perusahaan/tempat kerja anda tersebut, anda niscaya menciptakan surat lamaran pekerjaan. Begitu pun ketika anda ingin keluar atau berhenti bekerja di kawasan tersebut, anda memang seharusnya mengajukan surat pengunduran diri anda sebagai bukti bahwa anda orang yang beretika dan menghargai kawasan kerja anda.

Dalam pola surat pengunduran diri harus dicantumkan dengan terang alasan yang melatar belakangi anda ingin berhenti dari pekerjaan tersebut. Alasan harus dijelaskan secara logis dan masuk akal, jangan menciptakan alasan mengada-ada ataupun beralasan bosan, meski kenyataannya demikian. Buatlah alasan yang rasional dan berusahalah semoga alasan yang anda buat tidak menyinggung perusahaan.

Manfaat Mengajukan Surat Pengunduran Diri Saat Ingin Bekerja


Sebagaimana etika timbal balik, ketika anda tiba dan ingin bergabung dengan perusahaan/tempat kerja, anda mengajukan surat lamaran pekerjaan. Hal sebaliknya berlaku ketika anda ingin meninggalkan pekerjaan tersebut. Apa manfaat dari pengajuan surat pengunduran diri ketika ingin berhenti bekerja? Berikut ialah manfaat yang anda peroleh dari pengajuan surat pengunduran diri kalau ingin berhenti bekerja:

Menunjukkan Anda Adalah Orang Yang Terhormat Dan Professional


Dalam dunia kerja, anda harus menjunjung tinggi adab sopan santun dan nilai-nilai kesopanan lainnya. Ada banyak peraturan dan etika perusahaan yang harus anda patuhi ketika ingin meninggalkan suatu pekerjaan. Jangan pergi begitu saja atau kabur dari pekerjaan anda. Buatlah pola surat pengunduran diri dan serahkan pada perusahaan anda. Dengan melaksanakan hal tersebut, anda akan dikenal sebagai orang yang bertanggung jawab, terhormat dan bertata karma. Beda halnya kalau anda eksklusif kabur tanpa pamit, sanggup jadi anda akan di blacklist dari daftar rekanan perusahaan tersebut, dan akan berakibat jelek pada catatan pengalaman kerja anda ke depannya.

Anda Bisa Memberi Kesempatan Pada Perusahaan Untuk Mencari Pengganti Anda


Meskipun anda sudah tidak ingin berkecimpung dalam dunia pekerjaan tersebut. Alangkah baiknya tetap mengajukan surat pengunduran diri anda jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini diharapkan untuk memberi kesempatan pada perusahaan anda sanggup mencari orang lain atau karyawan pengganti untuk menggantikan pekerjaan anda. Selain menghargai perusahaan dengan mengajukan surat pengunduran diri, pekerjaan yang akan anda tinggalkan juga tidak akan terbengkalai kalau perusahaan sudah menemukan karyawan pengganti yang sempurna menggantikan posisi anda. Anda pun tidak akan meninggalkan kesan jelek pada kawasan kerja anda.


Aturan Penulisan Pengunduran Diri


Contoh surat pengunduran diri harus dibentuk dengan mudah dan singkat. Akan tetapi harus mengikuti aturan-aturan yang ada alasannya surat pengunduran diri juga tergolong pada jenis surat resmi. Berikut ini beberapa hukum dalam penulisan surat pengunduran diri:

Contoh surat pengunduran diri ditulis dengan singkat, padat dan jelas. Bisa ditulis manual dengan tangan ataupun diketik dengan k

Sampaikan rasa terima kasih kepada perusahaan serta rekan kerja. Karena telah memberi kesempatan anda meniti karir pekerjaan anda di perusahaan tersebut.

Buat surat pengunduran diri dan olok-olokan beberapa waktu sebelum anda benar-benar berhenti total. Hal ini untuk memberi kesempatan perusahaan mencari pengganti anda.

Buatlah pola surat pengunduran diri anda dalam kertas putih polos dan rapi. Serta masukan dalam amplop kemudian berikan pada HRD di perusahaan anda

Seorang karyawan yang ingin mengundurkan diri, tentu akan membutuhkan sebuah surat perantara, yaitu surat pengunduran diri atau surat resign. Lalu bagaimana cara menciptakan surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar? Membuat surat lamaran kerja sesungguhnya tidaklah begitu susah, sama halnya ibarat menciptakan surat lamaran kerja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menciptakan surat pengunduran diri kerja, yaitu :
  1. Bahasa. Jika surat resign dibentuk dalam bahasa Indonesia, maka ejaannya harus sesuai EYD. Namun kalau memakai bahasa Inggris, maka harus diperhatikan grammar dan tensesnya.
  2. Buatlah surat pengunduran diri secara singkat, padat namun terang dan gunakanlah kata-kata yang sopan sehingga tidak menciptakan pembaca merasa tersinggung.
  3. Muatlah ucapan terima kasih kepada perusahaan atau teman-teman di kantor yang Anda tinggalkan.
  4. Tidak menjelaskan secara rinci alasan Anda menentukan mengundurkan diri.
Adapun untuk susunan atau bab dari surat pengunduran diri kerja ialah sebagai berikut :

1. Tempat dan tanggal surat
2. Perusahaan/orang yang dituju
3. Identitas Karyawan
4. Isi yang mencakup : maksud dan tujuan surat, alasan singkat pengunduran diri.
5. Penutup/ucapan terima kasih
6. Tanda tangan karyawan bersangkutan.

 Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan  Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan


Dari klarifikasi singkat di atas, tentu Anda sudah memahami bagaimana cara menciptakan surat resign yang baik dan benar, namun semoga lebih jelasanya, mari simak beberapa pola di bawah ini.

Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

PT. INGIN MAJU
Jl. Melani No. 35
Jakarta Selatan

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya Maria Ulfa, bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Ingin Maju sebagai karyawan terhitung semenjak tanggal 19 Februari 2013.

Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk bekerja di PT Ingin Maju, dan tidak hanya itu, saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan administrasi PT Ingin Maju kalau selama saya bekerja pernah berbuat kesalahan dan kekeliruan.

Saya mengharapkan selalu PT Ingin Maju sanggup berkembang terus dan selalu menjadi yang terbaik.

Jakarta, 19 Februari 2016
Hormat saya,

(Tanda tangan)

Maria Ulfa

Pengunduran Diri dari Perusahaan

Medan, 19 Februari 2016

Kepada Yth,
Manager PT Maju Bersama.
Jln. Sutomo No. 23
Medan

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya sebagai Manager Produksi PT Maju Bersama, menurut Surat Kesepakatan Bersama (SKB) wacana ketenagakerjaan dan Undang-undang Tenaga Kerja, maka dari itu, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama              : Sudirman
Departemen     : PT. Maju Bersama
Jabatan           : Manager Produksi
No. Karyawan  : 023453

Bermaksud mengajukan surat pengunduran kerja dari PT Maju Bersama. alasannya kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan lagi untuk bekerja. Saya harap perusahaan memahami kondisi dan memperlihatkan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikianlah surat pengunduran diri, terima kasih atas pemberian dan dukungan yang telah diberikan selama saya bekerja, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Sudirman

Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Banda Aceh, February 23th, 2016

Mr. Agus Nugroho
Managing Director
Indah Lestari
Jln. Sukoco No. 45
Banda Aceh

Dear Sir,

Through this letter, I inform you that I want to resign from your company starting from February 25th, 2016.

I feel that now is the right time for me to develop my career in other field. I would be grateful if you confirm the acceptance of my resignation and the date. If there is something I have to finish before I go, please let me know.

I also express my gratitude to the company Indah Lestari for the support and the opportunity that I have gained while I work here. I wish you and the entire team of Indah Lestari success and continue to provide the best for consumers.

Thank you for your attention and wisdom.

Best Regards

Taufik

Artinya :

Banda Aceh, 23 Februari 2016

Mr. Agus Nugroho
Managing Director
Indah Lestari
Jln. Sukoco No. 45
Jakarta

Dear Sir,

Melalui surat ini saya sampaikan bahwa saya mengajukan pengunduran diri dari perusahaan bapak terhitung mulai dari tanggal 25 Februari 2016.

Saya merasa bahwa ketika ini ialah waktu yang sempurna bagi saya untuk berbagi karier saya dibidang lain. Saya akan berterima kasih kalau Anda sanggup mengkonfirmasi penerimaan pemberitahuan dan tanggal pengunduran diri saya. Jika ada sesuatu yang harus saya selesaikan sebelum saya pergi, tolong beritahu saya.

Saya juga memberikan rasa terima kasih saya kepada perusahaan Indah Lestari atas dukungan dan kesempatan yang telah saya dapatkan selama bekerja di sini. Saya berharap Anda dan seluruh team Indah Lestari sukses dan terus memperlihatkan yang terbaik bagi konsumen.

Terima kasih atas perhatian dan kebijaksanaannya.

Hormat Saya

Taufik

1. Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan



2. Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan




Demikianlah beberapa contoh surat pengunduran diri kerja yang sanggup kami hadirkan untuk Anda pada kesempatan ini. Semoga informasi ini sanggup memperlihatkan sedikit manfaat bagi Anda sehingga yang sebelumnya tidak tahu cara menciptakan surat resign, kini sudah sanggup membuatnya. Jika pola surat di atas bermanfaat, mohon kesediaan Anda untuk like dan share kepada teman-teman Anda yang lain melalui tombol di bawah ini. Dan kalau dibutuhkan, silahkan baca juga contoh surat lamaran kerja hotel. Terima kasih telah berkunjung dan salam sukses dari www.contohsurat123.com.

0 Response to "Pengunduran Diri Kerja Yang Baik Dan Sopan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel